PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN MASYARAKAT KUBANG JAYA ERA NEW NORMAL DENGAN PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.31258/Keywords:
Bimbingan Belajar, Masyarakat Desa Kubang Jaya, Program KerjaAbstract
Salah satu permasalahan yang ada di masyarakat Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar setelah wabah COVID 19 adalah kurangnya keefektifitasan dalam proses belajar. Salah satu program yang diterapkan di Desa Kubang Jaya adalah Bimbingan Belajar Masyarakat. Tujuan diadakannya program BIMBEL adalah: 1) untuk menciptakan kembali semangat generasi muda akan pentingnya ilmu pengetahuan pada Era New normal; 2) untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, berkarakter, kreatif dan inovatif; 3) untuk mendorong dan memotivasi anak-anak agar semangat dalam belajar dan meraih prestasi. Hasil dari program BIMBEL ini adalah anak-anak antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu program BIMBEL ini juga dapat membantu siswa yang kesulitan dalam mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan saat kegiatan pembelajaran di sekolah.
Downloads
References
Abidah, A., Hidaayatullaah, H.N., Simamora, R.M., Fehabutar, D., Mutakinati, L. (2020). The impact of covid-19 to indonesian education and its relation to the philosophy of merdeka belajar. Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1): 38-49.
Mimbar, A.S., Suparso, A.K., Herdani, I.R., Setiawan, M.D.P., Ilham, M., Fauziah, S. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat melalui Bimbingan Belajar dan Pengajian Masa Pandemi di Puri Cendana RW 015. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(75), 165-180.
Nugroho, R.S. (2020). Corona: 421 Juta Pelajar di 39 Negara Belajar di Rumah, Kampus di Indonesia Kuliah Online. Retrieved August 29 2022
Perdana, P., Abdulrahman, E., Rahmalia, F. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Tentang Kesehatan, Pendidikan, dan Kreatifitas. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1): 19–25.
Uddin, F., Rudin, C.M., Sen, T. (2020). CRISPR Gene Therapy: Applications, Limitations, and Implications for the Future. Frontiers in Oncology, 10: 1-17
Vonderwell, S. (2003). An Examination of Asynchronous Communication Experiences and Perspectives of Students in an Online Course: A case study. Internet and Higher Education. 6 : 77 – 90.