PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR KREATIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.31258/Keywords:
Media Gambar, Minat Belajar, KreatifAbstract
Media gambar adalah segala sesuatu yang diwujudkan secara visual dalam bentuk dimensional sebagai berbagai pemikiran seperti lukisan, potret, film, slide, dan proyektor. Hal ini dikarenakan siswa lebih menyukai gambar, apalagi jika gambar tersebut sangat kreatif dan berwarna serta disajikan sesuai dengan kondisi dan kemampuan siswa. Tentunya media gambar akan dapat meningkatkan semangat dan minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran berupa gambar dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas III SDN 004 Genduang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi peneliti dalam menggunakan media gambar untuk meningkatkan minat siswa kelas III SDN 004 Genduang adalah menyesuaikan materi dengan media gambar yang akan digunakan, merancang media gambar, dan langkah-langkah penggunaan media gambar.
Downloads
References
Amriani. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Siswa SD INP Lasepang Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Bantaeng. Skripsi.
Apriani. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV di SDN 3 Ranomeeto. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(1).
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (KajianTerhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1).
Pane, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2).
Sadiman, A.S. (2003). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Steffi, A., & Syastra, M.T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3(2).
Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Askara