Optimalisasi Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Olahan Ikan Di Desa Hangtuah Kabupaten Kampar Provinsi Riau

Authors

  • Ridar Hendri Faculty of Fisheries and Marine Sciences, Riau University, Pekanbaru Author
  • Eni Yulinda Faculty of Fisheries and Marine Sciences, Riau University, Pekanbaru Author
  • Hazmi Arief Faculty of Fisheries and Marine Sciences, Riau University, Pekanbaru Author

DOI:

https://doi.org/10.31258/

Keywords:

Promosi olahan ikan, Media Sosial, Pemasaran Online, Desa Hangtuah

Abstract

Promosi produk olahan ikan adalah suatu keharusan untuk meningkatkan volume pemasaran dan kesejahteraan pengolah ikan. Desa Hangtuah di Kecamatan Perhentian Raja kabupaten Kampar Provinsi Riau, adalah salah satu sentra penghasil produk olahan ikan paling potensial di kabupaten tersebut. Karena itu promosi produk olahan ikan di desa ini penting dilakukan, salah satunya dengan optimalisasi pemanfaatkan media sosial, khususnya Facebook, Instagram dan Blog. Untuk memotivasi para pengolah ikan, istri nelayan dan remaja puteri setempat, agar menggunakan media sosial untuk promosi olahan ikan, mereka perlu dilatih. Tujuan pengabdian ialah untuk melatih peserta agar: (1) dapat memahami peranan media sosial (Facebook, Instagram, dan Blog) sebagai media promosi produk olahan ikan; (2) mampu membuat konten promosi produk olah ikan, baik konten teks, konten foto maupun konten video; serta (3) mampumembuat akun dan mempromosikan konten-konten yang mereka buat, pada media-media sosial milik mereka.Hasil kegiatan pengabdian ini ialah,bahwa: (1) peserta pelatihan sudah memahami peranan media sosial sebagai media promosi produk olahan ikan yang potensial; (2) peserta sudah terampil membuat konten promosi produk olahan ikan, baik konten teks, konten foto maupun konten video; serta peserta sudah mampu membuat tiga akun media sosial (Facebook, Instagram dan Blog) dan menyebarluaskan konten-konten promosi produk olahan ikan yang mereka buat, pada media-media sosial tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alkhawarizmi. 2017. Website. Diunduh dari Alkhawarizmi:https://mamz.weebly. com/ pengantar-web-science.html

Ariyanto., L. Bathara, dan H. Hamid. 2016. An Analysis of Added Walue and Marketing of Processed Catfish (Clarias sp.). Jurnal Online Mahasiswa Universitas Riau, 3(1).

BPS Kabupaten Kampar. 2018. Kecamatan Perhentian Raja dalam Angka 2018. Bangkinang: CV. MN Grafika.

Hartini, P. 2014. Pengertian Cybermedia atau Sosial Network dan Contohnya. Diunduh November 29, 2018, dari Pilu Hartini:www.kpibcypiluhartini.weebly.com

Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2018). Produksi Perikanan Indonesia. Jakarta Pusat: Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Nazir, M. 2011. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Safira, P.N. 2018. Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi Baru dalam Usaha Kuliner. Diunduh28 November 2018, dari Kompasiana: https://www. kompasiana.com/search_artikel.

Setkab. 2017. Media Sosial Sebagai Ekspresi Kekinian. Diunduh 20 Oktober 2019, dariSekretariat Kabinet Republik Indonesia: https://setkab.go.id/media-sosial-sebagai-ekspresi-kekinian/

Yanti, W. 2013. Pengenalan Pembangunan Laman Web. Diunduh dari https://www.academia.edu/31043921/Pengenalan_Pembangunan_Laman_Web.

Downloads

Published

2019-12-31

Issue

Section

Articles