Pendampingan Usaha Kue Bolu Cermai Mak Itam dalam Meningkatkan Pendapatan di Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar
DOI:
https://doi.org/10.31258/jruce.7.1.22-27Keywords:
bolu cermai cake, digital marketing, KemasanAbstract
Kegiatan pengabdian kepada pelaku usaha kue bolu Mak Itam dalam penguatan pengetahuan pemasaran digital dengan memanfaatkan media sosial dan platform digital, serta mengembangkan kemasan produk. Pendampingan dimulai sejak bulan Mei sampai Juli 2024 di Desa Kuok Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini melalui wawancara, diskusi dan pendampingan langsung kepada pelaku usaha. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pelaku usaha mengenai pentingnya digitalisasi di era digital dan memperkuat branding produk. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelaku usaha semakin memahami pentingnya digital marketing, terutama dalam memanfaatkan media sosial dan platform daring untuk memperluas jangkauan pasar. Selain itu, pengembangan desain kemasan yang lebih menarik mampu meningkatkan nilai jual dan mendukung branding produk. Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan pelaku usaha sekaligus menjadi model pemberdayaan bagi UMKM lokal lainnya di Kabupaten Kampar.
Downloads
References
Asj’ari, F., Suharyanto, Latif, N., Kurniawan, W.O., & Firdausia, Y.K. (2024). Pengembangan desain kemasan produk sebagai media promosi untuk meningkatkan penjualan UMKM di Kecamatan Gedangan-Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2): 65–72.
Herispon, H., Anuar, S., Iskandar, I. (2023). Pemanfaatan digital marketing guna meningkatkan daya saing produk usaha mikro pasca pandemi Covid-19 di Desa Tarai Bangun, Kampar, Riau. Jurnal Pengabdian Dosen dan Mahasiswa, 2 (2)
Irwandi, I., Samsir, A., Syachbrani, W., Ryketeng, M., & Oktaviyah, N. (2024). Optimalisasi UMKM Raja Bolu. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1): 18-26
Khairawati, S. (2020). Effect of customer loyalty program on customer satisfaction and its impact on customer loyalty. International Journal of Research in Business Sosial Science, 9(1): 15–23.
Maryama, S., Yandri, P., & Istimal, I. (2018). Pelatihan pembuatan packaging dalam upaya meningkatkan penjualan produk UMKM di Kota Tangerang Selatan. Prosiding Sembadha, 1: 156-159.
Rohmatun, Y., Usman, U., & Fadhillah, I.A. (2025). Strategi promosi bisnis menggunakan influencer melalui media sosial pada UMKM Kabupaten Cirebon. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman, 12(2): 189–204.
Rozinah, S., & Meiriki, A. (2020). Pemanfaatan digital marketing pada Usaha Mikto Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Doktor Manajemen (JDM), 3(2): 134.
Saragih, L.S., Putriku, A.E., Sari, S.D., & Laia, Y.S. (2024). Pemanfaatan digital marketing sebagai media pemasaran dalam upaya meningkatkan kontribusi ekspor UMKM di Era 4.0. Jurnal Strategi Bisnis Teknologi, 1(3): 63–72.
Satriaji, V. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam kesejahteraan perekonomian negara dan masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3): 1–8.
Syukur, A., Puspita, R., Aulia, N. Z., Diwani, M. L., Bilqis, S. H., & Fitri, Q.A.K. (2025). Edukasi masyarakat tentang pentingnya legalitas usaha sebagai penunjang branding produk. Journal of Community Service and Society Empowerment, 3(02): 120–127
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Shorea Khaswarina, Dina Anggun Pertiwi, Evy Maharani, Susy Edwina, Yeni Kusumawaty, Eliza Eliza (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




